Rabu, 17 Juli 2013

Form Kategori Barang Aplikasi Toko

Hay gan, mari kita lanjut untuk melengkapi Apliksi Toko kita. Sekarang saya akan lanjutkan ke bagian Barang. Nah...di bagian Menu Management Barang ini ada dua bagian yang dipisah yaitu Kategori Barang dan Daftar Barang. Dan yang pertama saya membahas kategori barang dulu.
Jadi mari siapkan form kategori barang seperti contoh dibawah ini : 


Pertama anda harus bisa menampilkan data dari database ke dalam aplikasi anda. looh !!? gimana caranya ? begini looh caranya...monggo disimak.
Anda harus memanggil koneksi terlebih dahulu.


Dan ini adalah script dimana anda bisa melihat data dalam database khusunya pada tabel kategori. Pada tabel kategori terdapat tiga kolom yaitu ID, Kategori, dan Deskripsi. Lalu pada class select ini gunanya untuk menampilkan data dari tabel kategori. Coba anda lihat pada gambar :


Hasil dari Script diatas :



Langkah kedua yaitu mengimputkan data dalam ketegori barang. Buatlah class private void insertData()


Kemudian berikan event ActionPerfomed pada button insert. Disitu saya berikan IF dimana jika kondisi field yang belum terisi maka akan muncul alert "Pengisian Form Harus Lengkap".


Cek hasil insert :



Dan langkah ketiga yaitu bagaimana cara untuk menghapus data. Buatlah sebuah class private void deleteData()


Tambahkan sebuah confrimDialog untuk memastikan pengguna akan menghapus data tersebut atau tidak hanya dengan menjawab yes or no saja. Nah...itu menggunakan JOptionPane.showConfrimDialog


Pembuktian : Delete data

Saat melakukan delete data
Setelah melakukan delete data
Tampilan ConfrimDialog


0 komentar:

Posting Komentar