Minggu, 21 Juli 2013

Cara Membuat Laporan menggunakan Jasper I-Report 4.5.1

Pembuatan laporan dalam sebuah aplikasi sangatlah membantu pengguna untuk mencetak hasil laporan yang didapat dalam sebuah aplikasi. Misalnya saja pada Aplikasi toko bisa ditambahkan laporan untuk laba, laporan barang terlaris /bulan dan lain sebagainya.
Kali ini saya menggunakan software I-Report 4.5.1 untuk pembuatan laporan. Install terlebih dahulu pada komputer anda lalu buka software tersebut.


Pada tampilan awal anda ikuti step 1 yang sudah saya tandai pada gambar.


Kemudian pilih Database JDBC Connection lalu next.


Selanjutnya isikan JDBC Drivernya dengan MySQL(com.mysql.jdbc.Driver) dan pada JDBC URL isikan dengan cara anda memanggil koneksi terhadap database kedalam java kemarin. Jika anda lupa, saya akan menuliskan kembali "jdbc:mysql://localhost:3306/toko_kecil_baru". Untuk username isikan sesuai dengan database anda, biasanya di default root dan centang save password. Jika sudah lakukan pengetesan apakah sudah terhubung dengan database atau belum. Nah...kalau berhasil muncul kotak dialog Connection test successful!.


Test sudah berhasil ? Jangan lupa untuk save.
Lanjut ke tahap ke dua yaitu untuk mendesain laporannya yang tadinya pada tahap 1 adalah mengkoneksikan ke database.


Anda pilih bentuk kertas/paper sesuai keinginan kemudian klik Launch Report Wizard.


Langkah selanjutnya adalah memberikan nama pada laporan anda dan lokasi penyimpanan.


Untuk menampilkan apa saja yang akan dimasukkan dalam laporan anda, maka anda berikan query. Misalnya saya ingin menampilkan semua data barang pada tabel barang di database toko_kecil_baru saya. Tuliskan select * from barang.


Nanti pasti anda disuguhi untuk menampilkan isi kolom apa saja yang di letakkan pada laporan dengan cara memindahkan nama-nama kolom pada tabel barang ke kolom sebelahnya (dari kiri ke kanan). Lihat gambar lebih jelasnya.


Setelah itu Next dan finish, kemudian anda bisa lihat tampilan laporan anda beserta isi yang sudah anda buat tadi.

0 komentar:

Posting Komentar