Sabtu, 13 Juli 2013

Pembuatan CDM dan PMD Sekaligus Mengenerate Database

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Conceptual Diagram Model (CDM) yang dilanjutkan dengan mengenerate CDM tersebut kedalam sebuah Physical Cata Model (PDM), dan sampai dengan mengenerate dari PDM ke suatu Database pada aplikasi Power Designer 15.1
Nah...studi kasus kali ini saya mengambil dari tugas besar saya dalam mata kuliah Pemograman Visual di kampus tercinta yaitu Aplikasi Toko.
Pertama kita buat CDM dari Aplikasi Toko. CDM ini untuk menentukan entity dan juga relationship pada setiap tabel. Jika anda belum bisa menggunakan software Power Designer 15.1, klik disini untuk mempelajarinya. Anda bisa membuatnya seperti ini. 

CDM Aplikasi Toko
Jika sudah membuat CDM Aplikasi Toko langkah selanjutnya yaitu mengenerate kedalam PDM dengan cara pilih menu tab Tools > Generate Physical Data Model.
Generate ke PDM
Apabila tak ada error dalam pembuatan relasi di CDM maka akan langsung terbentuk seperti gambar ini :
PDM Aplikasi Toko
CDM, PDM sudah ! Selanjutnya adalah mengenerate PDM ke dalam bentuk Database yang nantinya anda gunakan untuk membuat database di XAMPP dengan cara mengimportnya. lakukan Perintah seperti gambar ini :

Generate PDM ke Database
Akan muncul halaman generate database seperti ini. Tuliskan nama di File nama dengan extensi .sql agar bisa terbaca jika anda ingin mengimportnya ke dalam database xampp.
Tampilan Generate Database

0 komentar:

Posting Komentar