Sabtu, 20 Juli 2013

Form Stok Barang Aplikasi Toko

Form Stok Barang disini digunakan untuk melihat semua barang yang terdapat disebuah database. Pastinya data barang tersebut itu tidaklah sedikit jumlahnya, untuk itu saya berikan field untuk pencarian berdasarkan nama barang. Jadi itu bertujuan memudahkan user melakukan pencarian. 
Sekarang anda buatlah rancangan desainnya dahulu. Cekidot...!!


Jika sudah desainnya, anda bisa melihat pembuktian dari fungsi pencarian yang saya buat. Pertama anda tuliskan nama pada Search, misalkan "roti" kemudian anda tekan enter. Nah...bisa dilihat pada tabel disitu sudah ada dua baris nama barang yang nama barangnya mengandung kata "roti" yang sudah saya ketikkan tadi. Lalu, bagaimana cara membuatnya ?


Pertama anda buat koneksi dan juga statementnya terlebih dahulu.


Kedua yaitu menampilkan data dari database kedalam tabel aplikasi. buatlah private void select()


Dan yang terakhir yaitu pembuatan source code dari pencarian itu sendiri. Scriptnya bisa anda lihat sendiri di gambar dan saya akan menjelaskannya sedikit. Digambar sudah saya berikan tanda merah yang berarti bahwa dimana pencarian itu berdasarkan nama barang dari tabel barang. Dan tanda % (persen) adalah huruf sembarang. Karena disitu txt_search diletakkan ditengah-tengah tanda %, artinya huruf awalan bisa diinputkan sembarang huruf bahkan kata begitupun juga belakang kata asalkan kalimat yang dicari mengandung kata yang di inputkan pada field yang bernama txt_search.


0 komentar:

Posting Komentar