Minggu, 14 Juli 2013

Script Form Login Aplikasi Toko

Hahaii...sekarang kita mulai untuk membuat Form Login untuk Aplikasi Toko saya. Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang pembuatan Aplikasi Toko, silahkan anda lihat di menu "Materi". Disitu sudah saya postingkan semua dari pembuatan Database sampai Aplikasi tersebut bisa digunakan.

Nah...inilah tampilan sederhana dari Form Login.


Sebelum anda menyentuh bagian login ini, anda harus harus membuka Form Menu Utama Aplikasi Toko. Jika anda belum membuatnya bisa lihat disini. Kemudian ketika di run hanya ada menu user saja yang aktif dan menu yang lain tidak akan bisa di klik sebelum anda melakukan login. Ini dikondisikan untuk menjaga atau melingdungi suatu keefesiensi suatu Aplikasi apalagi digunakan untuk Toko. Anda bisa menambahkan Script dibawah ini di Form Menu Utama.

Disini dikondisikan ada dua yaitu kondisi saat belum login dan juga setelah. Nah...untuk setelah login dibedakan menjadi dua golongan yaitu Login sebagai Admin dan Karyawan. 



Kondisi Awal Menu Utama Sebelum Login
Kondisi Setelah Login

Untuk membuat tampilan login seperti diatas gunakan Palette yang sudah saya tandai di gambar ini. Ada di Swing Controls : Button, Label, dan Text Fields


Sekarang waktunya menulis script dari Form Login. Apakah anda sudah siap ? ? Taarrraaaa.....!!! tirukan script dibawah ini.


Script sudah...lalu apa lagi ?? 
Memberikan efek pada tombol agar anda bisa mengetahui jalan tidaknya script yang susah anda buat tadi :)
Pada tab Design kemudian klik kanan button lalu beri nama pada setiap button di Change Variable Name. Tidak hanya memberikan nama saja, anda harus memberikan Events pada setiap button.



Kembali ke tab Source dan cari dibawah sendiri ada script dari Events ActionPerfomed.


Perlu di ingat untuk selalu menambahkan script Public Static Void untuk menjalankan Form Login anda.

    public static void main(String args[]) {
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                new Form_Login().setVisible(true);
            }
        });
    }

0 komentar:

Posting Komentar