Sabtu, 20 Juli 2013

Form Detail Transaksi Pengadaan Barang Aplikasi Toko


Form transaksi pengadaan sudah dibuat, bukan ? jika belum anda bisa lihat disini 
Pada tabel form transaksi pengadaan terdapat kolom Action yang didalamnya ada button Detail untuk menuju ke form detail transaksi pengadaan barang. Nah...inilah tampilan dari form detail transaksi.
Saya berikan menu tab Detail Barang dan Harga Jual Barang. Bagaimana kelanjutannya ? ?



Bagaimana caranya membuat ID Transaksi keluar secara otomatis dan tidak bisa dirubah alias paten. Digambar sudah saya gambarkan perbedaan antara detail transaksi yang di buka lewat form transaksi kemudian klik detail pada action dengan membukanya melalui menu pengadaan kemudian langsung ke sub menu detail transaksi.
Jadi yang benar adalah anda harus masuk kedalam form transaksi pengadaan terlebih dahulu untuk mencatat ID siapakah yang akan melakukan pengadaan. 


Script untuk tidak mengaktifkan field Id Transaksi txt_idtran.setEnabled(false); Berikan setEnabled(false) juga terhadap Id Barang.


Kemudian lanjut ke field bawahnya yaitu Kategori Barang. Saya menggunakan comboBox untuk menampilkan jenis-jenis kategori dari form kategori barang. 



Untuk membuat agar field nama barang menampilkan isi dari kategori yang dipilih kemudian dari jenis kategori tersebut pastilah ada id barang. Nah...id barang tersebut langsung muncul otomatis ketika anda memilih nama barang. Jangan lupa untuk meng setEnabled(false) untu field id barang.


Dan pengisian selanjutnya dilakukan secara manual yaitu mengisi sendiri. Disitu mengisikan harga beli dan juga jumlah dari barang kemudian jika barng tersebut mempunyai masa kadaluarsa bisa ditambahkan tanggalnya.



Untuk InsertData ini sudah saya gambarkan. Jadi semua yang di inputkan di field tadi akan diproses dalam class insertdata().

Dan clas clear_detpengadaan ini untuk menghapus inputan setelah menekan button insert.


Kemanakah data yang tadi sudah di inputkan ? Sebenarnya data tersebut sudah tersimpan di database karena proses insert data tadi. Lantas, untuk menampilkan data kedalam tabel itu gimana ? Anda buat class public void select(String data){}




Pada aplikasi saya juga berikan button edit dan juga delete. Saya kasih tau scriptnya ya gan...

Update(edit) data
Detele data

Setiap transaksi akan saya total berdasarkan jumlah pengadaan barang dan harga beli.

Kita beralih ke tab harga jual barang. Disini kita sebagai pemilik toko pasti perbedaan harga beli dan jual. Untuk itu anda bisa lakukan itu disini. Pertama anda klik baris barang yang akan anda setting ulang harga jualnya. Lalu anda tinggal mengisikan harga jual sesuai selera dan yang jelas pasti lebih mahal sedikit dibanding harga beli. Mula-mula disetting 0 untuk harga jual barang baru. Kecuali jika barang itu sudah ada dalam daftar dan pengguna melakukan pengadaan lagi maka secara otomastis akan menyesuaikan harga jual yang sebelumnya.



Tabel pengadaan ini pasti berhubungan dengan tabel stok untuk itu saya membuat class private void updateStokBarang(String Ubah){} utnuk selalu mengupdate jumlah stok.


Seperti biasa saya akan memberikan kemudahan untuk pengguna dalam mencari barang yang akan di rubah harga jualnya karena barang dalam toko tidaklah sedikit.














2 komentar:

wey ouno mengatakan...

data di load combonama barang dan id barang itu apa ya?

asg mengatakan...

TERIMAKASIH BANYAK Kawan

Posting Komentar