Sabtu, 13 Juli 2013

Membuat Database Untuk Aplikasi Toko di Xampp

Nah...saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana membuat database yang diperlukan untuk membuat sebuah aplikasi Toko kecil atau sejenis mini market. Sebelum melangkah ke bagian databasenya, anda harus menginstall XAMPP sebagai tools pembuatan database. Kali ini saya menggunakan XAMPP versi 1.8.1
Jika sudah terinstall, maka buka xampp di menu start dan ketikkan xampp lalu klik icon xampp kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini. Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan Apache dan MySQL untuk membuka halaman Localhost xampp dengan menekan tombol start pada kolom Action.

Tampilan Xampp
Jika sudah diaktifkan, anda buka browser anda lalu ketikkan Localhost/phpmyadmin/. Dibawah ini adalah tampilan Xampp di browser, dan disinilah anda akan membuat suatu database. Pertama anda pilih menu tab Database, dihalaman itu ada tulisan Create Database untuk pengisian nama dari database anda. Nah...kali ini saya akan membuat database dengan nama toko_kecil_baru lalu tekan tombol create.
Create database "toko_kecil_baru"
Setelah database sudah terbentuk maka anda tinggal membuat tabel-tabel didalam database tersebut. Caranya pilih nama database anda kemudian dibawah pojok kiri ada tombol create tabel. Ikuti langkah seperti gambar ini :
Create Tabel
Nah...sekarang anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat tabel dalam database. dalam aplikasi toko yang nanti akan dibuat membutuhkan setidaknya 7 tabel diantaranya Tabel Barang dengan spesifikasi seperti ini :
Tabel Barang

Barang juga mempunyai suatu spesifikasi tersendiri yaitu menentukan kategori dari setiap barang itu sendiri. Untuk itu perlu dipisahkan antara Tabel Barang dan Tabel kategori.
Tabel Kategori
Kemudian anda buat Tabel Pengadaan karena yang namanya membuat aplikasi toko pasti ada jual dan beli. Nah...yang menangi itu akan dimasukkan kedalam tebel pengadaan ini.
Tabel Pengadaan
Tadi sudah disindir masalah jual dan beli. Maka perlu adanya Tabel Penjualan seperti gambar ini :
Tabel Penjualan
Dalam tabel-tabel diatas membutuhkan suatu relasi antar tabel. Di Tabel Rel_Pengadaan_Barang menghubungkan ID dari tabel pengadaan dengan ID dari tabel barang.
Tabel Relasi Pengadaan Barang
Tidak hanya tabel relasi pengadaan saja tetapi juga dibutuhkan Tabel Rel_Penjualan_Barang untuk mengetahui berapa banyak barang yang terjual dan laba yang kita dapatkan dari suatu penjualan.
Tabel Relasi Penjualan Barang
Kita sudah membuat tabel-tabel yang mengenai barang, jangan dilupakan untuk membuat Tabel User untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab dalam melakukan pengadaan.
Tabel User
Jika anda sudah melakukan langkah2 diatas maka akan terbentuk seperti gambar dibawah ini :
Database beserta tabel-tabel didalamnya

7 komentar:

Dahry mengatakan...

pake sql dong

Reza Ichsani mengatakan...

gimana sih iku kok gak keliatan????.... hihihihihihih

Nikko mengatakan...

tutorialnya Gak jelas

Unknown mengatakan...

Gak kliatan gambarnya :v,,,,bingung jadinya

Unknown mengatakan...

Gak kliatan gambarnya :v,,,,bingung jadinya

Unknown mengatakan...

Mantul

Unknown mengatakan...

aku ngak mengerti

Posting Komentar